Kolam renang terdiri dari berbagai bagian, mulai dari yang besar hingga terkecil semuanya penting untuk memastikan kondisi kolam tetap jernih dan nyaman untuk dijadikan sarana berenang. Ada satu aksesoris kolam renang yang fungsinya tidak hanya sekadar penghias semata, bagian ini tidak jarang dilupakan karena ukurannya yang kecil dan di anggap tidak penting.

Memperkenalkan inlet fitting kolam renang sebuah aksesoris yang mempunyai peran penting untuk penjernihan air kolam Anda. Lebih lanjut akan Kam jelaskan apa itu inlet fitting, seperti apa bentuknya, fungsinya, dan lain sebagainya. Untuk yang sedang ada rencana buat kolam renang di rumah ini adalah informasi yang penting jadi pastikan untuk menyimak sampai tuntas.

Apa Itu Inlet Fitting Kolam Renang?

Inlet fitting kolam renang adalah salah satu aksesoris kolam yang biasnaya berbentuk lingkaran dengan ukuran 1, 5- 2 inch. Bagian ini biasanya di pasang pada lantai dasar kolam renang, dinding kolam, dan beberapa sudut tertentu. Umumnya inlet fitting berwarna putih, ada yang di lengkapi drat atau polos. Bagian ini di pasangkan pada sambungan pipa yang terhubung pada sirkulasi kolam renang utama.

Fungsi dan Kegunaan Inlet Fitting Kolam Renang

Fungsi dari inlet fitting adalah untuk mendukung penyaringan dan membuat air kolam menjadi lebih jernih. Cara kerja dari bagian aksesoris kolam ini yaitu menghisap air kolam lalu menyaringnya melalui filter dan sambungan pompa lalu mengeluarkan airnya kembali ke bak kolam renang.

Jadi ada dua kali penyaringan yang membuat air kolam renang Anda lebih bersih dan aman untuk berenang.

Berapa Banyak Inlet Fitting yang Di butuhkan Kolam Renang?

Penggunaan inlet fitting menyesuaikan dengan ukuran kolam renang yang di buat. Tidak ada aturan yang benar-benar baku untuk menentukan berapa banyak inlet yang di pasang, namun menurut kontraktor kolam renang terpercaya untuk kolam renang yang berukuran 3 x 7 membutuhkan setidaknya 4 inlet fitting di setiap sisi. Bisa di pahami semakin luas kolam renang Anda maka membutuhkan instalasi inlet fitting yang lebih banyak untuk menunjang filterisasi air kolam renang menjadi lebih baik.

Cara Pemasangan Inlet Fitting Kolam Renang

Pemasangan inlet fitting kolam renang terbilang cukup mudah. Namun satu hal yang penting bahwa Anda perlu menyiapkan sistem plambing atau pipa sebelum pengecoran di lakukan. Jadi, bagian inlet ini nantinya terpasang pada masing-masing saluran pipa tersebut yang sudah di siapkan.

Adapun untuk kualitas pipa pastikan menggunakan yang AW. Karena pipa jenis ini mampu menahan tekanan hingga 10 kg/cmsangat kuat tahan terhadap zat kimia juga. Adapun teknis instalasi inlet fitting sebagai berikut:

  1. Siapkan inlet fitting dan lem pipa khusus untuk proses pemasangan
  2. Berikan lem pada bagian inlet fitting, pastikan merata dan cukup untuk memastikan bagian tersebut tidak lepas
  3. Putar inlet fitting sampai benar-benar kencang dan tidak goyah
  4. Test apakah inlet berfungsi dengan normal

Catatan: Pastikan ukuran lingkar pipa adalah 1,5 inch kemudian meletakan inlet dengan jarak 25 cm dari bibir kolam renang.

Layanan Pembuatan Kolam Renang Profesional

Persoalan di atas memang tergolong teknis, tidak perlu di bikin pusing jadikan sebagai wawasan saja. Apabila Anda ingin membuat kolam renang di rumah nanti bisa di bantu bersama kontraktor Dwi Karya Pool Kami siap membuatkan kolam renang secara full mulai dari penentuan desain hingga siap pakai.

Teknis instalasi inlet fitting kolam renang juga di perhatikan dengan sangat baik oleh tenaga kerja Kami. Tentunya sebagai penyedia jasa, Dwi Karya Pool ingin memastikan kualitas air kolam renang Anda tetap terjaga dan jernih, aman dan nyaman untuk dijadikan sarana berenang.

Selain instalasi inlet Kami juga menambahkan sparepart sand filter, penyaringan air kolam dengan alat khusus tersambung langsung dengan sistem sirkulasi utama memastikan air kolam renang bersih maksimal.

Untuk pengisian air kolam juga menggunakan air gunung atau air tanki khusus. Water treatement langsung di lakukan pertama kali saat kolam renang selesai dibuat. Untuk lebih baik lagi Anda bisa menggunakan layanan jasa perawatan kolam renang yang Kami sediakan untuk daerah-daerah di Jabodetabek!