Pernahkah kalian merasa bosan dengan kolam renang yang selalu identik dengan bau kaporit? Sepertinya kita satu pemikiran. Agaknya cukup menarik kalau kita ubah kolam yang tadinya penuh dengan zat kimia menjadi kolam renang alami tanpa menggunakan kaporit kimia sama sekali.

Ini bukanlah hal yang mustahil, hanya saja dibutuhkan effort lebih untuk mewujudkannya. Sebelum membahas lebih jauh, konsep kolam renang alami seperti ini istilah kerennya adalah Natural pool.

Natural pool adalah ide menciptakan kolam renang dengan menjadikan alam sebagai inspirasi desain dan temanya.

Nantinya, kolam renang ini tidak hanya bebas kaporit, melainkan material finishingnya berbeda, fitur air, serta area di sekelilingnya juga punya ciri khas tersendiri.

Cara Membuat Kolam Renang Alami, Perhatikan Rahasianya!

Secara umum proses konstruksi pembuatan kolam renang nature pool dan yang biasa itu tidak jauh berbeda. Hanya saja perubahan terbesar ada di material finishing dan mekanisme treatment airnya.

merenovasi kolam renang

Oke, mari kita asumsikan konstruksi kolam renang sudah terbangun. Sisanya tinggal memasang finishing. Umumnya yang biasa digunakan adalah mozaik atau keramik, tapi agaknya ini kurang cocok dengan tema alami.

Sebagai alternatifnya maka kita perlu menggunakan material pengganti, berikut penjelasannya.

1. Menggunakan Batu Alam Sebagai Finishing

Perubahan pertama ada di bagian material finishingnya, kita perlu mengubah keramik atau mozaik menjadi batu alam (natural stone) sebagai lantai dasar kolam renang dan bagian dindingnya.

Langkah pertama ini secara langsung akan membuat tampilan kolam renang terkesan berubah 180 derajat berkonsep ecosmart. Tidak ada lagi warna biru, karena batu alam rata-rata mempunyai warna yang cenderung gelap seperti abu-abu, hijau tua, dan sebagainya.

Ada banyak jenis batu alam yang bisa kalian pilih. Saran kami coba dulu lihat-lihat corak dan modelnya sebelum pemasangan. Beberapa rekomendasi batu alam yang mungkin membuat Anda terkesan yaitu: batu alam paras jogja dan batu hijau sukabumi.

Sebagai informasi tambahan, material finishing batu alam kemungkinan harganya bisa lebih mahal jika kita bandingkan dengan mozaik atau keramik polos.

Baca juga: 5 Desain Kolam Renang Minimalis, Cocok untuk Rumahan!

2. Mengganti Water Treatment Menggunakan Garam

Selanjutnya, langkah terpenting yaitu mengubah sistem perawatan air kolam renang menjadi lebih sehat dan ramah lingkungan.

Salah satu metodenya yaitu dengan menggunakan garam untuk menciptakan chlorine alami melalui proses tertentu dengan bantuan alat canggih bernama salt chlorinator.

Tidak diragukan lagi ini membuat Anda perlu merogoh kocek lebih dalam untuk pembelian alat dan juga penyediaan garam. Namun, apa yang sedang kita fokuskan di sini adalah menciptakan kolam renang yang alami dan sehat.

Kami rasa ini cukup worth it, apalagi untuk jangka panjang dan kesehatan keluarga tentunya harus menjadi prioritas.

Alternatif lainnya bisa menggunakan teknologi sinar UV, hanya saja alat untuk melakukannya lebih sulit mencarinya di Indonesia. Cahaya ultraviolet tersebut bisa membasmi kuman dan bakteri yang ada di dalam air tanpa pemberian chemical seperti kaporit.

3. Menyesuaikan Pool Deck, Dekorasi, dan Lainnya

Bagian ketiga ini opsional tapi kalau dilakukan lebih baik lagi. Ada beberapa tahapan lainnya untuk membuat kolam renang lebih alami lagi, berikut ini beberapa di antaranya:

  • Menggunakan pool deck yang mendukung tema alami seperti conwood atau bahkan batu alam lagi
  • Dekorasi berupa tanaman hias di sekeliling kolam renang, jika lingkungan tema landscape lebih bagus lagi
  • Menambahkan fitur air berupa air mancur dan air terjun buatan dengan tema alami

Selesai, kolam ecosmart pool eksotis akan terkesan menyatu dengan alam. Membuatnya rumah Anda lebih adem dan tenang, bagian yang terpenting nature pool ini terjamin aman dan sehat untuk digunakan bersama keluarga tercinta karena tidak mengandung kaporit kimia.

Berapa Biaya untuk Membuat Kolam Renang Seperti Ini?

Biaya untuk membuat kolam renang alami menyesuaikan dengan spesifikasi dan alat tambahan yang Anda beli. Dengan asumsi biaya per meternya mulai dari 3 juta, maka kolam berukuran  5 x 3 meter dan kedalaman 1,5 meter membutuhkan budget sekitar Rp67.500.000.

Kemudian tambahan untuk finishing menggunakan material batu alam sukabumi harganya sekitar Rp175.000 per 10 x 10 cm. Selanjutnya, ada penambahan di pembelian salt chlorinator merk Hayward sekitar Rp28 – 38 juta dan kebutuhan garam untuk treatment rutin.

Lebih kurang Anda membutuhkan biaya 100 – 150 juta. Ini baru perhitungan sederhananya saja, belum dibuat rincian. Ada baiknya untuk berkonsultasi dengan kontraktor kolam renang agar datanya lebih akurat.

Baca juga: 5 Hal yang Mempengaruhi Biaya Pembuatan Kolam Renang

Jika Anda tertarik untuk membuat kolam renang alami,maka bisa juga menghubungi Dwi Karya Pool. Kami bisa membantu buatkan kolam renang dengan konsep alam tanpa, water treatment tanpa kaporit. Untuk penjelasan lebih detail bisa WA atau kirimkan email yang tersedia di website ini.