Ada satu bagian yang bisa mempengaruhi 80% keindahan tampilan pembuatan kolam renang. Bisakah kalian menebaknya?

Tahapan ini dilakukan di akhir mendekati penyelesaian sebuah proyek, bagian ini kita sebut sebagai finishing kolam renang.

Sebagian dari pembaca mungkin sudah cukup familiar dengan proses finishing. Namun, mungkin tidak semuanya paham apa yang sebenarnya dimaksud dengan proses ini dalam konstruksi kolam renang.

Baik jadi seperti ini, kolam renang secara sederhana bisa kita sebut sebagai wadah air berukuran sangat besar. Tanpa adanya finishing, maka apa tampilannya akan sangat aneh lebih kurang seperti ini.

Hanya berlapiskan beton polos, mungkin sudah ada waterproofingnya tapi tetap saja ini sama sekali tidak menarik dan kurang nyaman untuk berenang.

Di sinilah peran penting material finishing kolam renang, mampu “Menyulap” kolam renang yang tadinya polos menjadi lebih rapi, estetik, dan pastinya nyaman.Namun, sekarang pertanyaannya material seperti apa yang bagus untuk finishing?

Baca juga: Berbagai Tipe Ukuran Kolam Renang di Rumah dan Komersial

Rekomendasi Material Finishing Kolam Renang yang Oke!

Pilihannya cukup beragam, kami akan sebutkan beberapa opsinya. Di sini kalian bisa memilih mana yang sekiranya bagus, karena setiap orang pasti pendapatnya beda-beda. Tanpa berlama-lama lagi, berikut rekomendasinya:

Keramik

Keramik bisa menjadi salah satu opsi finishing kolam renang yang paling murah. Percaya saja, tidak ada yang lebih murah daripada material ini untuk melapisi beton kolam.

Keramik biasanya dijual per kotak dengan ukuran bervariasi menyesuaikan pilihan yang ada. Beberapa ukuran yang biasanya ditemukan yaitu 25 x 50 cm, 30 x 30 cm, dan seterusnya.

Estimasi harga keramik finishing kolam renang itu mulai dari Rp35.000 – Rp50.000 per kotak. Sebelum buru-buru membelinya, coba perhatikan dulu kelebihan dan kekurangan material ini.

Kelebihan Keramik

  • Harga yang lebih murah
  • Mudah untuk mencarinya
  • Kualitasnya standar

Kekurangan Keramik

  • Mudah tergores
  • Sebagian ada yang cukup tipis, lebih mudah retak
  • Desainnya biasa-biasa saja tidak istimewa
  • Lebih licin

Mozaik

Kemudian, pilihan keduanya adalah mozaik, nyaris mirip seperti keramik tapi dari segi kualitas lebih baik. Mozaik merupakan material lantai yang dirancang khusus untuk konstruksi berair seperti kolam renang.

Permukaan mozaik lebih bertekstur, membuatnya tidak begitu licin. Estimasi harga mozaik juga lebih kurang hitungannya per kotak.

pembuatan kolam renang banjarnegara

Uniknya mozaik ini ada yang mahal dan murah, pilihan termurahnya bisa menyamai harga keramik yaitu sekitar Rp39.000 – Rp50.000 per 30 x 30 cm. Selain itu ada juga yang mahal dan eksklusif bisa mencapai 50 ribuan per kotak.

Kelebihan Mozaik

  • Lebih rekat dan menempel sempurna
  • Tidak begitu licin
  • Kuat dan lebih tahan terhadap tekanan air
  • Banyak variasi dan desainnya

Kekurangan Mozaik

  • Di beberapa daerah mungkin sedikit sulit ditemukan
  • Terlalu banyaknya pilihan membuat siapapun bingung saat menentukannya
  • Beberapa mozaik ada yang kualitasnya biasa saja

Batu Alam

Pilihan terakhir yang mungkin masih cukup layak untuk Anda pertimbangkan adalah batu alam (Natural stone). Material finishing yang sejauh ini paling eksotis dan menarik di antara kedua opsi yang sudah kami sebutkan di atas.

Batu alam membuat kolam renang tidak lagi bernuansa biru, melainkan lebih netral keabu-abuan bahkan sedikit kehijauan. Kejernihan air tampak lebih jelas menciptakan suasana yang lebih adem dan tidak mencolok lagi.

merenovasi kolam renang

Selain itu, terlepas dari pilihan material finishing favorit kalian, penulis sendiri suka dengan kolam renang yang menggunakan batu alam.Tentu ini hanya pendapat pribadi, tidak ada paksaan untuk menjadikannya sebagai opsi terbaik.

Hal yang perlu kalian perhatikan adalah soal harga. Batu alam ini cukup mahal bergantung pada tipenya, rata-rata di atas mulai dari Rp50.000 – Rp100.000.

Kesimpulan kelebihan dan kekurangannya lebih kurang begini:

Kelebihan Batu Alam

  • Menawarkan desain yang eksotis dan estetik
  • Mampu mengubah nuansa kolam renang menjadi lebih alami
  • Lebih adem di mata dan tidak terlalu mencolok
  • Lebih awet untuk penggunaan jangka panjang

Kekurangan Batu Alam

  • Harganya mahal
  • Sulit untuk menjumpainya di beberapa tempat

Bikin Kolam Renang dengan Material Finishing Sesuka Hati

Bagaimana sudah ada gambaran mengenai material finishing yang bagus untuk kolam renang di rumah? Kemudian, hal seperti ini bisa kalian bicarakan bersama kontraktor kolam renang, jauh lebih mudah untuk menentukan keputusan jika berkonsultasi dengan mereka.

Dwi Karya Pool siap membantu pembuatan kolam renang dengan material custom menyesuaikan apa yang Anda inginkan. Kami menyediakan pilihan finishing keramik standar, mozaik, dan juga batu alam.

Selanjutnya, pilih salah satu tidak perlu mengkhawatirkan soal ketersediaan material biar kami yang mencarinya nanti. Untuk informasi lebih lengkap, silahkan hubungi kami.