Dwi Karya Pool adalah perusahaan tukang proyek kolam renang standar nasional dan internasional. Fasilitas seperti ini biasa disebut juga sebagai kolam olympic khusus untuk perlombaan bergengsi .

Konstruksi kolam renang standar nasional tidak bisa sembarangan, ada aturan baku yang harus di patuhi oleh kontraktor agar hasil akhir kolam yang dibuat memenuhi kriteria tersebut.

Bahkan bisa di bilang tidak semua tukang berani menerima proyek seperti ini, terkecuali mereka sudah berpengalaman dan memahami betul kriteria konstruksi kolam renang SNI maupun internasional mengacu pada aturan FINA (organisasi renang internasional).

Risiko yang cukup tinggi, apabila dikerjakan asal-asalan maka kerugiannya cukup besar. Selain membuat perlombaan gagal terlaksana, hal ini juga akan mengurangi kredibilitas dari kontraktor tersebut.

Peraturan dan Kriteria Kolam Renang Standar Nasional

Ada beberapa hal penting yang sudah di atur oleh PRSI (Persatuan Renang Seluruh Indonesia) mengenai kriteria kolam renang standar nasional. Berikut ini beberapa di antaranya:

1. Panjang Kolam Renang

Kolam renang standar nasional mempunyai panjang 50 meter, angka ini terhitung sama dengan kolam renang internasional dengan sedikit penyesuaian. Ketentuan panjang ini berlaku untuk perlombaan renang tingkat kabupaten, provinsi, dan nasional secara umum.

Ukuran 50 meter ini cukup panjang, di butuhkan tenaga tukang dalam jumlah banyak untuk menyelesaikannya tepat waktu. Pengerjaan teknis seperti penggalian, pembesian, dan pemasangan mozaik juga membutuhkan waktu yang cenderung lebih lama.

2. Lebar Kolam Renang

Selain itu, lebar kolam renang standar nasional juga sudah ditentukan yaitu 25 meter. Sekali lagi ini ukuran yang cukup besar, di butuhkan lahan yang cukup luas dan perancangan yang matang untuk memastikan proyek ini terselesaikan dengan baik tanpa ada kendala. Standar pengerjaan untuk pembuatan kolam renang bisa memakan waktu 1-2 bulan lebih, menyesuaikan dengan kondisi dan situasi di lapangan.

3. Kedalaman

Kedalaman kolam renang untuk perlombaan ini bervariasi, mulai dari 1,35 meter sampai dengan 2 meter. Kolam olimpiade hanya di persiapkan untuk para perenang yang sudah terlatih, bukan untuk bersantai-santai. Kedalaman ini berlaku untuk orang dewasa dan anak muda.

4. Lebar Lintasan

Kolam renang lomba seperti lintasan, dengan lebar lintasannya masing-masing 2,5 meter. Menurut standar nasional, jumlah lintasan ada sekitar 8 jalur. Kontraktor kolam renang umumnya akan menggunakan keramik sebagai penanda di bagian bawah. Di pasang memanjang sebagai tanda jalur lintasan memudahkan para perenang.

5. Temperatur Kolam Renang

Kolam renang standar lomba suhu airnya tidak boleh terlalu panas atau dingin yaitu berapa di angka 25° C – 28° C. Tujuan dari penyesuaian suhu ini agar memastikan perenang bisa tetap nyaman selama berada di dalam air. Inilah alasan kenapa terkadang di wilayah tertentu pembuatan kolam renang olimpiade di buat secara indoor maupun outdoor.

Baca juga: Cara Mengatasi Kolam Renang Hijau Sampai Tuntas

Jasa Pembuatan Kolam Renang Standar Nasional

Sebagai kontraktor kolam renang kami siap memastikan kelima kriteria di atas terpenuhi untuk pembuatan kolam olympic. Tidak hanya itu, kami juga akan menggunakan material konstruksi yang bermutu untuk menjamin ketahanan dan keawetan dari struktur kolam renang untuk jangka panjang.

Karena ini adalah proyek kolam renang standar, maka estetika tidak terlalu di perhatikan fokus utama terletak pada fungsi dan pemenuhan kriteria standar dari PRSI.

Untuk detail rencana dan planning konsep akan kami jelaskan di tempat. Jadi, apabila bapak/ibu membutuhkan tukang untuk pengerjaan proyek besar ini silahkan hubungi kami dan tentukan waktu supaya bisa berkonsultasi.

Dwi Karya Pool siap membuat kolam renang standar nasional di berbagai daerah di Indonesia. Meskipun kantor utama kami terletak di Jakarta, kami juga punya cabang di Jawa Tengah dan Kalimantan.

Syarat Utama dalam Pembuatan Kolam Renang Standar Kompetisi

Sebelum menutup pembahasan, kami ingin menjelaskan sekilas mengenai apa saja yang sekiranya perlu kita persiapkan dalam proyek kolam renang standar.

Ketersediaan Lahan

Pertama, pastikan lahan untuk membuat kolam renang cukup luas. Ukuran kolam renang standar nasional 25 meter x 50 meter jadi kalau bisa lahannya lebih luas dari itu, jangan terlalu pas-pasan.

Tipe Beton

Kami merekomendasikan tipe beton utama K-300 atau K-350 untuk memastikan kolam renang lebih tahan terhadap perubahan cuaca dan tekanan air. Dwi Karya Pool memberikan garansi konstruksi 7 tahun untuk setiap proyek kolam renang yang kami kerjakan.

Alokasi Budget

Pembiayaan untuk proyek kolam renang standar memang cukup tinggi. Jadi, sebisa mungkin persiapkan budget Anda dan konsultasikan dengan admin kami agar mengelolanya lebih mudah.

Finishing

Material finishing kolam renang standar hanya ada dua pilihan yaitu mozaik dan keramik. Sebagian besar kolam renang tipe ini tidak banyak pola, alias polosan karena fokus utamanya adalah fungsi bukan estetika. Namun, sebagai catatan kualitas dari keramik atau mozaiknya harus dicek.

Demikian penjelasan sekaligus penawaran kami untuk layanan tukang pembuatan kolam renang standar nasional dan internasional. Apabila ada pertanyaan atau ingin berkonsultasi secara gratis, bisa menghubungi kami melalui kontak yang tersedia.