Pembuatan kolam renang membutuhkan proses yang panjang. Tidak bisa di bangun sehari semalam bahkan jika di kerjakan 100 orang sekalipun proses konstruksi, teknis instalasi semuanya di lakukan secara bertahap tidak bisa sekaligus.

Hal ini menimbulkan satu pertanyaan umum yang sering di tanyakan oleh orang-orang yang mau membuat kolam renang. Mereka langsung fokus pada waktu yang di butuhkan untuk pembuatan kolam renang ingin semuanya cepat selesai layaknya kilat.

Jadi berapa lama pembuatan kolam renang? Apakah setiap proyek membutuhkan waktu yang sama?

Supaya tidak salah paham, berikut kami jelaskan beberapa kemungkinan yang terjadi dalam pengerjaan konstruksi kolam renang.

Berapa Waktu yang Di butuhkan Untuk Pembuatan Kolam Renang?

Waktu yang di butuhkan dalam pembuatan kolam renang bervariasi tidak selalu sama antara satu proyek dengan yang lain. Hal ini di karenakan ukuran dan desain setiap kolam renang itu berbeda-beda. Semakin luas kolam renang atau bertambah rumitnya desain akan sangat berpengaruh terhadap waktu yang di butuhkan dalam pembuatan kolam renang. Estimasi waktu yang di butuhkan dalam pembuatan kolam renang tercepat adalah 30 hari (1 bulan). Bisa 60 hari (2 bulan) untuk ukuran standar. Sedangkan proyek besar dengan ukuran kolam 20 x 20 meter dengan sirkulasi full overflow bisa mencapai 120 hari (3-4 bulan) bahkan lebih.

Hal-Hal yang Mempengaruhi Cepat atau Lambatnya Proses Pembuatan Kolam Renang

Proses yang panjang membuat beberapa orang penasaran sebenarnya apa saja hal yang mempengaruhi proses pembuatan kolam renang. Jadikan sebagai wawasan untuk mempersiapkan diri sebelum membuat kolam renang sendiri, berikut ini beberapa hal-hal yang berpengaruh terhadap proses konstruksinya.

1. Ukuran dan Kedalaman

Merupakan hal yang sangat wajar jika kolam renang berukuran 7 x 3 meter lebih cepat selesai di bandingkan 20 x 20 meter. Hal ini sudah terlihat jelas bahwa pada saat pengerjaan proyek membutuhkan tenaga kerja yang lebih banyak dan penyewaan eskavator yang lebih lama untuk proses penggalian. Anda bisa memahami semakin luas dan dalam kolam renang yang di buat pasti estimasi pembuatannya cenderung lebih lama karena bagian yang di gali juga lebih luas.

2. Kerumitan Desain

Membuat kolam renang prinsipnya menggunakan dasar konstruksi, jadi struktur kolam renang yang sederhana tentu lebih cepat selesai di buat. Contoh desain kolam renang yang biasa adalah bentuk persegi panjang standar. Adapun desain kolam renang yang rumit seperti model two shape pool atau desian kolam renang dengan dua pola, kolam renang menyerupai bentuk gitar, kolam renang bentuk cinta (love), dan lain sebagainya.

Kerumitan desain membuat kontraktor membutuhkan perencanaan ekstra dalam proses konstruksi. Memastikan semuanya tetap stabil dan aman sesuai dengan standar konstruksi. Cukup mudah bukan memahaminya?

3. Sirkulasi yang Di pilih

Setiap kolam renang mempunyai sirkulasi yang berbeda-beda. Model sirkulasi kolam renang yang paling mudah adalah skimmer waktu pengerjaannya juga relatif lebih cepat di bandingkan kolam renang semi overflow atau full overflow.

Mengapa demikian?

Hal ini bisa terjadi karena kolam renang overflow membutuhkan bagian tambahan seperti pembuatan gutter dan balancing tank. Selain itu kolam renang jenis ini juga mempunyai instalasi pipa yang lebih banyak, konstruksi yang lebih rumit, dan hal teknis lainnya.

Pastikan Anda tidak salah memilih sirkulasi kolam renang karena selain berdampak pada proses lamanya pembuatan hal ini juga bisa berpengaruh terhadap kenyamanan saat menggunakan kolam renangnya.

Ingin Membuat Kolam Renang Tepat Waktu dan Disiplin? Hubungi Dwikarya Pool!

Untuk Anda yang ingin membuat kolam renang dengan proses yang tepat waktu sesuai target maka bisa menggunakan jasa dari Dwi Karya Pool. Kami adalah kontraktor kolam renang Soreang yang melayani secara luas untuk daerah Bandung dan seluruh Jawa Barat.

Dengan pengalaman selama lebih dari 20 tahun kami konsisten memberikan layanan yang berkualitas dan unggul untuk pembuatan kolam renang yang estetik dan elegan kepada semua pelanggan. Anda bisa menentukan sendiri spesifikasi kolam renang yang akan di buat ukurannya, kedalaman, hingga desain tentukan sesuka Anda.

Kami memberikan banyak benefit terbaik kepada pelanggan, seperti:

  • Pemberian garansi konstruksi hingga 5-7 tahun (tahan rembes dan bocor)
  • Gratis konsultasi dengan owner Dwi Karya Pool kontraktor kolam renang terbaik jawa barat
  • Gratis survei lokasi langsung ke rumah Anda
  • Gratis pembuatan desain versi 3D yang estetik dan detail
  • Memberikan banyak bonus seperti satu set peralatan perawatan kolam renang, aksesoris, dan lain sebagainya

Pengerjaan kolam renang kami sesuai selalu di usahakan sesuai dengan kesepakatan yang sudah ada pada kontrak perjanjian. Adapun untuk estimasinya mulai dari 30 hari hingga 120 hari menyesuaikan dengan beberapa aspek yang sebelumnya sudah kami jelaskan di atas.

Selain melayani wilayah Soreang, Bandung kami juga melayani jasa pembuatan kolam renang Cimanggis dan puluhan wilayah jawa barat lainnya. Hubungi kami hari ini dan konsultasikan urusan kolam renang bersama kontraktor kami!